Sunday, January 16, 2011

Waktu-Waktu Efektif Membaca Al-Quran


PDF Print E-mail
Ketika membaca dan berinteraksi dengan al-Qur'an setiap kita tentunya ingin sekali melakukannya dengan baik dan memberi bekas yang mendalam. Baik ketika membaca ataupun memahami dan menghafalnya. Karena itu semua bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan dengan instan, maka perlu ada perhatian khusus dari kita. Terutama masalah waktu.
Kalau bicara tentang waktu, setiap kita jelas diberikan waktu yang sama, yakni 24 jam sehari semalam. Yang berbeda adalah dalam mengelola dan mengaturnya saja. Itu yang berbeda. Dengan penyiasatan dan pengelolaan itulah kemudian sebagian kita bisa berhasil menggunakannya dan sebagian lainnya belum berhasil.

Nah bagi kita yang sedang berjuang untuk bisa meluangkan waktu belajar al-Qur'an lebih mendalam lagi, maka mengatur waktu-waktu luang yang efektif menjadi sangat penting dan menentukan. Ini karena tidak semua waktu yang tersedia itu memberikan motivasi bagi diri kita untuk mempelajarinya, mengingat hati dan mood kita selalu fluktuatif. Kadang lagi baik dan semangat dan kadang pula jelek dan malas. Belum lagi apabila melihat padatnya aktifitas hidup kita yang lain. Terus terang, hati yang kurang mood tidak akan bersemangat dan termotivasi untuk belajar al-Qur'an. Boro-boro bisa menyejukkan dan memberikan kedamaian bagi jiwa.

Oleh karena itu, berikut sekilas waktu yang bisa kita manfaatkan untuk belajar dan mempelajari al-Qur'an pada semua aktifitasnya agar pelajaran al-Qur'an bisa membekas dan memberikan hasil maksimal pada diri kita masing-masing:

1. Buka al-Qur'an dan baca pada sepertiga malam terakhir saat anda melakukan shalat malam atau tahajjud. Karena saat-saat itu adalah awal dimulainya kegiatan hati dan jiwa, di mana Allah turun ke langit dunia (bumi) mencurahkan kasih sayang dan kelembutan-Nya untuk hamba-hamba yang mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Waktu-waktu selepas shalat lima waktu. Kira-kira 30 menit sampai 1 jam. Biasanya kesempatan setelah melakukan ibadah shalat, rasa semangat untuk melakukan kegiatan amal shaleh dan ibadah lainnya masih terasa. Karenanya, jangan anda sia-siakan kesempatan itu. Bagi anda yang kaum laki-laki, masjid adalah tempat yang sangat ideal untuk melakukannya. Sedangkan bagi kaum muslimahnya di rumah lebih bagus. Insya Allah kesempatan itu tetap sama.

3. Kemudian waktu-waktu shalat di atas dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Ini lantaran setiap waktu shalat itu memiliki karakteristiknya masing-masing. Apatah lagi bila digunakan untuk belajar al-Qur'an. Waktu tersebut adalah ba'da subuh yang merupakan kelanjutan sehabis melakukan shalat malam hingga terbit fajar.

4. Ba'da maghrib. Karena waktu maghrib adalah permulaan waktu menjelang malam, di mana ketenangan mulai datang dan aktifitas mulai berkurang. Selain itu durasinya hanya 1 jam sampai menjelang waktu isya.

5. Ketika ingin tidur malam. Bagi kita yang terbiasa melakukan perenungan malam untuk berpisah sejenak dari usia hari itu dengan istirahat malam panjang, maka sebelum tidur ada baiknya membaca al-Qur'an barang sejenak agar Allah memudahkan kita untuk bangun sebelum subuh.

Demikian lima waktu yang Insya Allah sangat efektif bagi anda yang ingin mendapatkan kesempatan maksimal saat belajar membaca al-Qur'an.

Semoga bermanfaat.

Wallahu a'lam.
(Hidayatullah Hamim)

0 comments: